2021 Sports Illustrated Swimsuit Oversized - 11 x 17 Calendar

2021 Sports Illustrated Swimsuit Oversized - 11 x 17 Calendar

Seni musik tradisional daerah Jawa Tengah berupa?​

musik tradisional daerah Jawa Tengah berupa?​

Jawaban:

gamelan, rebab, kendhang, gendler, saron, kenong, gambang, bonang

Jawaban:

Musik tradisional daerah Jawa Tengah berupa gamelan

Penjelasan :

Indonesia terdapat beragam seni dan budaya yang berbeda. Setiap daerahnya memiliki alat musik yang biasanya menjadi iringan lagu dalam seni pertunjukan. Alat musik jawa diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Ciri-ciri alat musik tradisional yaitu memiliki bentuk struktur musik dan alat musik sederhana, diwariskan turun temurun, ide musik dipelajari secara lisan, dan lagu daerah memakai musik dan bahasa setempat.

Alat Musik Jawa Tengah

1. Gamelan

Gamelan terdiri dari seperangkat alat musik tradisional pelog slendro. Alat musik ini terbuat dari bahan perunggu yang ditempatkan di wadah kayu yang sudah dipahat atau diukir. Gamelan berfungsi sebagai pengiring kesenian tradisional seperti ketoprak sendratari, wayang orang, dan wayang kulit.

2. Rebab

Alat musik dari Jawa Tengah ini menghasilkan nada dengan cara digesek. Rebab terbuat dari kayu kemuning, kawat untuk senar, dan bulu ekor kuda sebagai alat penggesek. Rebab dimainkan untuk penuntun lagu.

3. Kendhang

Kendang atau kendhang termasuk perangkat dari gamelan. Kendhang berfungsi sebagai penuntun irama untuk menentukan cepat atau lama berhentinya lagu. Kendhang terbuat dari kayu yang berlubang di bagian bawah dan atas. Bagian yang berlubang ini ditutup dengan kulit binatang.

4. Gender

Gender termasuk seperangkat alat musik gamelan. Alat ini digunakan sebagai pemangku irama. Gender terbuat dari bilah-bilah perunggu yang disusun diatas rancakan lalu diikat pada cakilan disamping kiri dan kanan rancakan. Rancakan adalah tempat menaruh gender yang terbuat dari kayu jati yang sudah diukir.

5. Saron

Saron terdiri dari saron demung dan saron barung. Saron dibuat dari perunggu yang ditempat. Alat ini dipasang diatas kayu yang sudah diukir. Saron menghasilkan nada dengan cara dipkul memakai alat yang terbuat dari kayu.

6. Kenong

Kenong termasuk seperangkat alat gamelan yang berfungsi pemangku lagu jika alat musik dimainkan. Kenong terbuat dari bahan perunggu yang ditempa. Alat ini menghasilkan suara dengan cara dipukul.

7. Gambang

Gambang adalah alat musik yang terbuat dari kayu. Cara memainkan alat ini yaitu dipukul dengan alat kayu yang dipegang di tangan kanan dan kiri.

8. Bonang

Bonang terbuat dari perunggu yang ditempat sehingga menghasilkan suara. Bonang diletakkan di atas kayu jati yang berukir. Alat musik ini menghasilkan suara setelah dipukul memakai alat.

Penjelasan:

SEMOGA JAWABANNYA MEMBANTU...

#TOLONG JADIKAN JAWABAN YANG TERCERDAS DAN TERBAIK

[answer.2.content]